3 Kuliner Nusantara yang Terbuat dari Olahan Mie

Selain dikenal sebagai negara dengan beragam budaya yang unik dan menarik, Indonesia juga dikenal di dunia luar dengan aneka kulinernya yang sangat khas dan lezat. Bahkan, sebagian makanan khas Indonesia sudah mendunia, seperti Nasi Padang dan Sop Buntut.

Makanan khas Indonesia terbuat dari berbagai macam olahan, diantaranya olahan mie. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membagikan informasi seputar 3 kuliner nusantara yang terbuat dari olahan mie.

1.Mie Kocok
Kuliner khas yang satu ini berasal dari Bandung. Disebut mie kocok karena proses pembuatannya dengan cara dikocok-kocok dalam wadah logam bolong-bolong bergagang, lalu mie dicelupkan ke dalam air panas.

Mie kocok terbuat dari mie kuning yang disajikan dalam kuah kaldu sapi kental yang ditaburi irisan daun bawang dan bawang goreng, serta dilengkapi dengan taoge, irisan kikil, bakso, dan jeruk nipis. Pada sebagian resep Mie kocok malah ada yang menambahkan daging sapi, ceker ayam, dan babat sapi.

2.Mie Cakalang
Kuliner khas yang satu ini berasal dari Manado. Disebut mie cakalang karena salah satu bahan utamanya adalah ikan cakalang yang disajikan di atas mie. Tidak heran jika aroma ikan cakalang sangat kuat tercium dari mie khas ini.

Mie cakalang disajikan dengan kuah bening yang ditambahi dengan sedikit merica, sehingga sensasi rasa pedasnya semakin menambah kelezatan mie tersebut. Agar semakin kaya rasa, mie cakalang disajikan dengan 2 jenis sambal yang bisa dipilih sesuai selera. Kedua sambal tersebut adalah sambal lombok ijo dan sambal lombok merah yang diolah secara khas.

3.Mie Bancir
Kuliner khas yang satu ini berasal dari Banjar. Disebut mie bancir karena disajikan dalam keadaan setengah basah, antara berkuah dan kering. Tampilannya yang setengah tanggung ketika disajikan ini menyerupai seorang banci yang tampilannya terlihat naggung, yaitu setengah pria dan setengah wanita.

Mie bancir berbahan utama mie kuning, dengan bumbu dasar yang digunakan kurang lebih sama dengan bumbu dasar soto banjar. Hanya saja, Mie bancir ini ditambahkan dengan saus tomat khas Banjar. Ketika disajikan, Mie bancir ini diberikan tambahan topping suwiran daging ayam kampung yang ditaburi bawang goreng, irisan telur itik, irisan limau kuit, irisan daun sop/seledri, serta jeruk nipis.

Demikianlah informasi seputar 3 kuliner nusantara yang terbuat dari olahan mie. Selain ketiga kuliner di atas, tentu saja masih banyak lagi kuliner khas nusantara yang juga terbuat dari olahan mie, seperti mie lethek dari Bantul, lontong mie dari Surabaya, mie celor dari Palembang, dan masih banyak lagi.